in

Apa Itu Program Keluarga Harapan (PKH)

Berikut adalah tulisan terbaru dari wartaterbaru.com situs berita nomer satu di Indonesia. Dapatkan informasi terkini nasional hanya di wartaterbaru.com

Apa dan Bagaimana PKH 
Pemerintah memberikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu karena dampak pelemahan ekonomi yang disebabkan virus corona atau Covid-19. Dukungan tersebut salah satunya bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) 2020. Bansos tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).
Besaran bantuan PKH Besaran bantuan PKH tergantung anggota dalam satu keluarga tersebut (berdasarkan KK) terdapat kategori apa saja.
Hal itu sesuai dengan keterangan yang disampaikan Kasubdit Validasi dan Terminasi Kemensos, Slamet Santoso. “Bantuan PKH diberikan perkeluarga yang terdaftar dalam satu kartu keluarga, pembagian jumlah bansos untuk keluarga tersebut sesuai dengan kategori yang dimiliki keluarga tersebut,” ujar Slamet, Sabtu (9/1/2021).
Bantuan PKH itu berupa apa?
Ibu hamil dan anak usia dini mendapatkan bantuan Rp 3 juta per 1 tahun;
Penyandang disabilitas dan lansia (>70 tahun) mendapat Rp 2,4 juta per 1 tahun,
Pelajar SD/sederajat Rp 900.000 per 1 tahun,
Pelajar SMP/sederajat Rp 1,5 juta per 1 tahun,
Pelajar SMA/sederajat Rp 2 juta per 1 tahun.
Cara Penyaluran Bantuan PKH
Bantuan itu nantinya akan disalurkan secara langsung kepada penerima melalui bank-bank yang termasuk dalam Himpunan Bank Negara (Himbara).
Cara akses Bansos PKH Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan sosial
Mengutip laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), bantuan sosial ini diberikan kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Bansos PKH.
Sementara itu, berdasarkan informasi di laman resmi Indonesia, yakni Indonesia.go.id, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah keluarga untuk bisa mendapatkan bantuan ini.
Kriteria Penerima PKH
Pertama seperti sudah disebutkan sebelumnya, yakni masuk dalam kategori KM yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.
Sedangkan yang kedua, dalam keluarga tersebut juga harus memiliki komponen anggota keluarga yang termasuk dalam daftar penerima batuan, mulai dari ibu hamil, penyandang disabilitas, lansia, anak sekolah, dan sebagainya.
Cara mendapatkan bantuan PKH
Untuk mendapatkan dana bantuan tersebut wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial.
Apabila belum memiliki KPS, bisa terlebih dulu mengajukan permohonan kepada RT/RW lalu disampaikan ke kelurahan.
Apabila memang layak mendapatkan dana bantuan maka Kepala Desa akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
Setelah prosedur tersebut terpenuhi, bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah
Pertanyaan Seputar PKH
Kapan Penyaluran Bantuan PKH
Untuk tahun angaran 2021 ini dan tahun sebelumnya jadwal penyaluran bantuan terbagi dalam 4 kali penyaluran yakni di Januari, April, Juli, Oktober.
Bolehkah Perangkat Desa Menerima PKH?
Sebab, perangkat desa tidak boleh mendapatkan bantuan PKH. Pemerintah mengatakan pihaknya tidak memaksa perangkat desa yang diketahui mendapatkan bantuan PKH untuk mundur dari jabatannya. Namun, karena berbenturan dengan aturan, mereka diberikan pilihan untuk memilih salah satunya.
Dari Mana Data PKH Diambil?
Sejak tahun 2012, untuk memperbaiki sasaran penerima PKH, data awal untuk penerima manfaat PKH diambil dari Basis Data Terpadu hasil PPLS 2011, yang dikelola oleh TNP2K. Sampai dengan tahun 2014, ditargetkan cakupan PKH adalah sebesar 3,2 juta keluarga.
Apakah Penerima PKH Boleh Daftar Prakerja?
Calon peserta haruslah bukan dari golongan yang tak bisa menerima Prakerja, yaitu bukan mahasiswa, pejabat, ASN, TNI, Polri, penerima PKH, penerima bansos dari Kemensos, penerima subsidi bantuan upah Kemnaker, dan seterusnya sesuai syarat Prakerja,”
Kartu PKH Bisa Diblokir
Pada tanggal 25 desember 2020 pemerintah akan memblokir kartu KKS PKHnya karena jika tidak melakukan transaksi tiga kali berturut-turut yaitu September, Agustus dan Oktober maka kartu KKSnya akan diblokir otomatis
Apakah PKH Bisa Dialihkan?
Sebab yang berwenang penggantian data penerima bantuan adalah petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pendamping PKH. Apabila malu ditempeli stiker, kemudian mengundurkan diri itu kan bantuannya bisa dialihkan kepada warga lain yang lebih berhak setelah diproses petugas PKH
Apakah Penerima PKH Bisa Diganti?
Setelah dari lima tahun, harus ada pergantian supaya ada kesempatan bagi orang lain yang membutuhkannya. Pemerintah akan membuat aturan terkait bantuan penerima PKH. Peserta PKH maksimal lima tahun. Setelah lima tahun, harus diganti, atau digraduasi.
Apa Itu KPM PKH Graduasi?
Adapun KPM PKH Graduasi yang dimaksud adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin, tetapi sudah graduasi karena beberapa komponennya tidak memenuhi.
Apa itu PKH dan KKS?
KKS atau yang dulunya bernama KPS (Kartu Perlindungan Sosial) adalah artu yang diterbitkan pemerintah untuk rumah tangga/keluarga miskin. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) dan juga keluarga terdampak pandemi lainnya dari pemerintah
Apakah Benar Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bisa Tarik Tunai?
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program ini merupakan KPM Program BPNT non-PKH. Dana ditransfer pada Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan dapat ditarik tunai di ATM bank-bank himbara dan tidak dikenakan biaya administrasi.
Apa Bedanya PKH dan non PKH?
PKH adalah Program Keluarga Harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk ke rekening masing-masing penerima. BPNT (Dulu namanya raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa bahan makanan. BLT Dana Desa adalah Bantuan Langsung Tunai dari desa masing-masing.
Apa itu BLT non PKH?
Bantuan Langsung Tunai atau BLT non Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial diperpanjang hingga Juni 2021. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
The post Apa Itu Program Keluarga Harapan (PKH) appeared first on Warta Terbaru.

Go to Source
Author: Kontributor

What do you think?

Written by admin

Dapat Modal Usaha Rp 3,5 Juta, Buruan!